Pada
kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu apa itu SEO, SEM, SMM, dan SMO
1.
SEO
SEO
yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin
pencari adalah sebuah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis
untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine
Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan. Melakukan SEO
memerlukan keterampilan dan ketekunan. Selain itu, melakukan SEO juga
membutuhkan keterampilan analisis, kompetitif, dan strategis. Hal ini
dikarenakan dibutuhkannya analisis untuk meneliti kata kunci atau keyword apa
yang akan ditargetkan. Secara teknis, SEO membutuhkan waktu minimal tiga bulan
untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk
meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget.
Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi
website atau blog dengan keyword tertentu di search engine. Semakin tinggi
posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin
tinggi pula pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website atau blog
tersebut.
2.
SEM
SEM
merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. Sama seperti SEO, SEM juga
memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama
Search Engine Result Page. Pengguna SEM umumnya identik dengan penawaran
produk. Biasanya, pengguna SEM yang beriklan du search engine adalah toko-toko
online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual. Meskipun ada, umumnya
sangat jarang ditemukan pengguna SEM yang mempromosikan konten tulisan saja.
Yang membedakan SEO dan SEM adalah dalam segi biaya. SEM merupakan trik
pemasaran internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa
biaya. Secara teknis, pembayaran Search Engine Marketing umumnya dilakukan
dengan cara pay per click atau dengan ketentuan berapa lama waktu. Hasil SEM
akan dengan cepat terlihat dari berapa besar dana yang dialokasikan. SEM
berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keyword yang
akan ditargetkan. Baik SEO dan SEM memiliki tingkat kesulitan masing-masing.
3.
SMM
Sosial
media marketing(SMM) adalah bentuk pemasaran internet yang memanfaatkan situs
jejaring sosial sebagai alat pemasaran. Tujuan dari SMM adalah untuk
menghasilkan konten yang pengguna akan berbagi dengan jaringan sosial mereka
untuk membantu peningkatan perusahaan eksposur merek dan memperluas jangkauan
pelanggan.
Salah
satu komponen kunci dari SMM adalah optimasi media sosial (SMO). Seperti
optimasi mesin pencari (SEO), SMO adalah strategi untuk menarik pengunjung baru
dan unik untuk sebuah website. SMO dapat dilakukan dengan dua cara: menambahkan
link media sosial untuk konten, seperti RSS feed dan tombol berbagi - atau
mempromosikan kegiatan melalui media sosial dengan memperbarui status atau
tweet, atau posting blog.
SMM
membantu perusahaan mendapatkan umpan balik langsung dari pelanggan (dan calon
pelanggan) sementara membuat perusahaan tampak lebih kepribadian. Bagian
interaktif media sosial memberikan pelanggan kesempatan untuk mengajukan
pertanyaan atau keluhan suara dan merasa mereka didengar. Aspek SMM disebut
manajemen hubungan pelanggan sosial (CRM sosial).
4.
SMO
SMO
Merupakan Singkatan Dari Social Media Optimization. Sebuah Proses Yang Di
Lakukan Pemilik Atau Pun Webmaster Website Dalam Mengoptimalkan Situsnya
Melalui Social Media Dengan Tujuan Tertentu Yang Tentunya Akan Berharap Dampak
Baik Bagi Kemajuan Bisnisnya. Saat Ini, Social Media Terbesar Di Dunia Adalah
Facebook (Berdasarkan Peringkat Alexa Inc). Situs Besutan Mark Tersebut Di
Akses Miliaran Orang Di Dunia Aktif Setiap Harinya. Pinterest, Twitter, Google
Plus Juga Memiliki Fungsi Saya Sama Pada Facebook
Tentu
Dengan Penjelasan Diatas, Anda Sudah Dapat Berfikir Apa Manfaat Dari SMO
Tersebut. Tak Jauh Berbeda Dengan SEO, SMO Juga Berfungsi Untuk Meningkatkan
Penghasilan Anda Melalui Dunia Digital. Jadi Jika SMO Adalah Serangkaian Proses
Yang Anda Lakukan Di Social Media Dengan Tujuan Meningkatkan Trafik Ke Situs
Utama, Brand, Dan Berjualan, SEO Merupakan Kembarannya Yang Sama-Sama
Memanfaatkan Situs-Situs Raksasa Di Dunia Tersebut. Jika Anda Membaca SEO Off
Page Pada Postingan Sebelumnya, Maka SMO Merupakan Bagian Dari Off Page Seo Itu
Sendiri
Comments
Post a Comment